MENGANTAR SISWA

ABDUL HALIM FATHANI

ADALAH Robert F. Mager, Ph.D., yang telah menulis buku berjudul “Developing Attitude Toward Learning or SMATs ‘n’ SMUTs”. Dalam buku tersebut, Robert tidak membahas apa yang harus diajarkan. Sebaliknya, buku tersebut justru membahas ihwal cara membantu pelajar memperoleh manfaat terbaik dari apa yang telah diajarkan kepada mereka dan cara mempengaruhi mereka agar lebih giat lagi mempelajari pelajaran favorit yang mereka hindari.

Ada tiga bagian utama dalam buku ini. Pertama, “Ke mana saya akan pergi”. Bagian ini mengurai tentang tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Ibarat kita mau bepergian, maka kita harus sudah mengetahui, kita akan pergi ke mana?

Kedua, “Bagaimana saya akan ke sana”. Bagian ini merupakan bahasan tentang proses pembelajaran yang dilaksanakan. Bagaimana metode, Strategi yang tepat, sehingga peserta didik dapat memahami materi dengan baik. Bagian ini, diibaratkan sebagai kendaraan yang digunakan untuk mencapai tujuan.

Ketiga, “Bagaimana saya tahu, saya telah sampai”. Pada bagian ini, peserta didik harus mampu mengukur dirinya, sudah seberapa pemahamannya terhadap materi yang dipelajari. Guru harus memfasilitasi untuk melakukan evaluasi terhadap kemampuan peserta didik.

Tiga bagian di atas, perlu menjadi perhatian lebih bagi siapapun para guru. Harus tahu tujuannya, harus tahu kendaraan apa yang digunakan untuk mencapai tujuannya di atas. Terakhir, harus ada tahapan untuk melakukan evaluasi bagi apa yang sudah dilakukan peserta didik. [ahf]


Abdul Halim Fathani

Pemerhati Pendidikan. Aktif di Komunitas Sahabat Pena Kita (SPK) dan Forum Literasi Matematika (forLIMA)

LEAVE A REPLY