LEBIH BAIK

Fathani.com – Hari ini hari Minggu. Hari pertama Tahun 2023. Hari ini kita semua harus memiliki komitmen untuk melakukan sesuatu yang terbaik. Awal tahun 2023 ini, setiap diri kita harus memiliki semangat baru, semangat lebih baik.

Selama tahun 2022, kita semua sudah berupaya maksimal untuk menjalani kehidupan dengan baik. Nah, pada tahun 2023 ini kita harus tekad untuk meningkatkan lebih baik. Bukan 2022 = 2023. Tetapi 2023 > 2022.

Tahun 2023 harus menjadi tahun lebih baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Mari kita renungkan hadits Nabi Muhammad saw di bawah ini.

مَنْ كَانَ يَوْمُهُ خَيْرًا مِنْ أَمْسِهِ فَهُوَ رَابِحٌ. وَمَنْ كَانَ يَوْمُهُ مِثْلَ أَمْسِهِ فَهُوَ مَغْبُوْنٌ. وَمَنْ كَانَ يَوْمُهُ شَرًّا مِنْ أَمْسِهِ فَهُوَ مَلْعُوْنٌ

Siapa saja yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, maka ia (tergolong) orang yang beruntung. Siapa saja yang hari ini sama dengan hari kemarin, maka ia (tergolong) orang yang merugi. Siapa saja yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin, maka ia orang yang dilaknat (celaka).” (HR Al-Hakim).

Komitmen untuk menjadi lebih baik, tahun ini disbanding tahun kemarin, merupakan bukti nyata sebagai perwujudan syukur kita, yang harus diyakini Allah swt akan memberikan jawaban dengan sesuatu yang lebih baik.

Allah swt telah berfirman:


وَاِذۡ تَاَذَّنَ رَبُّكُمۡ لَٮِٕنۡ شَكَرۡتُمۡ لَاَزِيۡدَنَّـكُمۡ‌ وَلَٮِٕنۡ كَفَرۡتُمۡ اِنَّ عَذَابِىۡ لَشَدِيۡدٌ

Dan (ingatlah), tatkala Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS Ibrahim: 7).

Mari kita semua, bersepakata bahwa “Tahun 2023 ini harus lebih baik dari tahun kemarin. Tidak cukup sama dengan, atau bahkan yang lebih jelek”. Jadi, 2023 > 2022. [ahf]


Abdul Halim Fathani

Pemerhati Pendidikan. Aktif di Komunitas Sahabat Pena Kita (SPK) dan Forum Literasi Matematika (forLIMA)

LEAVE A REPLY