KOMPETEN DAN PEDULI

Abdul Halim Fathani

ADA dua istilah, yang menarik untuk dijadikan sebagai pegangan, “kata kunci” bagi guru dalam melaksanakan tugasnya. Ialah kompeten dan peduli. Bukan pilihan, kompeten atau peduli. Tetapi Kompeten dan peduli. Berarti keduanya harus menjadi pegangan.

Kalau dilihat definisinya, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kompeten berarti: cakap (mengetahui); berkuasa (memutuskan, menentukan) sesuatu; berwenang. Dalam konteks pembelajaran, bisa diartikan seorang guru yang kompeten berarti guru yang cakap, mengetahui materi pelajaran yang menjadi bahan materi pembelajaran siswa. Guru yang menguasai, memahami materi. Atau singkatnya, guru yang kompeten ialah guru yang menguasai materi sesuai dengan bidang keilmuannya masing-masing.

Sedangkan kata peduli berarti mengindahkan; memperhatikan; menghiraukan. Dalam konteks pembelajaran, guru yang peduli berarti guru yang memiliki perhatian terhadap proses kegiatan pembelajaran dan hal-hal yang terlibat di dalamnya. Termasuk perhatian kepada siswanya, perhatian terhadap perkembangan kemampuan siswa, perhatian terhadap kecukupan sarana dan prasarana pembelajaran, sampai perhatian terhadap rasa kenyamanan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

Berdasarkan uraian definisi di atas, hemat saya, seorang guru, tidak cukup, kalau hanya mengandalkan pada penguasaan materi ansich, namun seorang guru juga harus memiliki kepedulian yang tinggi terhadap keberlangsungan proses pembelajaran. Singkatnya, guru itu harus kompeten sekaligus peduli. Atau peduli sekaligus Kompeten. Bukan Kompeten saja, atau peduli saja.

Inilah, tantangan bagi para guru, termasuk saya sendiri. Menjadi guru yang kompeten dan peduli. Kita tidak perlu sibuk memikirkan label orang lain, apakah mereka guru yang kompeten atau peduli, atau keduanya. Tetapi, mari refleksi diri, kita termasuk kelompok guru yang mana? Guru Kompeten dan peduli. Atau salah satunya? [ahf]

Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/156634/20170917/103210/kompeten-dan-peduli/


Abdul Halim Fathani

Pemerhati Pendidikan. Aktif di Komunitas Sahabat Pena Kita (SPK) dan Forum Literasi Matematika (forLIMA)

LEAVE A REPLY