KAYA PENGALAMAN

fathani.com – ALHAMDULILLAH. Pada hari Minggu, tanggal 5 Juli 2020, ada alumnus Prodi Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang yang berkunjung ke rumah saya, di Arjuna Gumilang D-19 Malang. Alumnus tersebut, memiliki inisial “Kang NW”.

Ia asal Sukorame Lamongan, sedang istrinya asal Jombang. Kang NW angkatan 2010, tapi baru ‘berhasil’ lulus tahun 2016. Yang menggembirakan, dari informasi yang ia sampaikan: Kang NW sudah tercatat sebagai guru pengajar MTs-MA Darut Tauhid Malang. Lembaga pendidikan yang berada di samping utara Kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Saat ini berdomisili di Kepuharjo Karangploso Malang.

Banyak ‘cerita inspiratif’ yang diinformasikan ke saya. Mulai dari kisah perjalanananya selama kuliah di Universitas Islam Malang, yang cenderung diselesaikan ‘agak lama’. Termasuk pengalamannya dalam melakukan usaha ekonomi kreatif dan kisah berjalan kaki ‘dari Paciran Lamongan hingga Sukorame Lamongan. Kurang lebih 50 kilometer.

Termasuk juga pengalamannya selama menempuh studi di Magister Pendidikan Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Yang memiliki kecenderungan minat mendalampi bidang literasi matematika yang diintegrasikan dengan al-Qur’an. Saya doakan semoga Allah swt selalu memberikan kemudahan dan kelancaran bagi Kang NW dalam mengerjakan Tesisnya. Saya yakin tesis yang sedang digarap akan berkontribusi pada peningkatan mutu pembelajaran matematika yang integratif.

Dari pertemuan itu, saya mendapatkan banyak inspirasi dari apa yang telah diceritakan oleh alumnus “Kang NW”. Paling tidak, bisa untuk menginspirasi saya sendiri. Masing-masing individu manusia memiliki ‘jalan unik’ dalam perjalanan hidupnya. Bisa saja antar individu, tidak sama. Berbeda. Ini dialami riil oleh Kang NW dalam menyelesaikan studinya. Mulai studi tahun 2010, lulus 2016. Hampir tujuh tahun.

Dari cerita yang disampaikan Kang NW, telah mengingatkan kepada saya akan paradigma kesuksesan seseorang. Ukuran kesuksesan seseorang, antara satu individu dengan individu yang lain, tentu tidak selalu sama. Kang NW, telah membuktikan bahwa ia ‘memillih’ waktu yang lama sekaligus panjang dalam menyelesaikan studi di Prodi Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang tersebut, memiliki alasan tersendiri. Alasan yang tidak dibuat-buat.

Kang NW, ternyata semasa waktu kuliah, juga memiliki banyak ‘kesibukan’ positif lainnya. Dan kegiatan tersebut memiliki pengaruh dan energi positif bagi pengembangan diri bagi Kang NW. Kesibukan yang ia lakoni itu, sesungguhnya kalau direnungkan adalah memiliki makna syukur yang mendalam. Bersyukur karena, Allah swt telah menunjukkan ‘jalan’ kesuksesan bagi Kang NW. Dan, jalan kesuksesan tersebut tidak sama dengan jalan kesuksesan yang dialami teman-teman lainnya. Keunikan jalan kesuksesan Kang NW ini telah membuktikan bahwa, setiap permasalahan pasti ada jalan keluar.

Yang jelas, lamanya waktu studi Kang NW, telah membuktikan bahwa Kang NW terbukti memiliki kaya pengalaman. Pengalaman adalah guru yang berharga. Terima kasih Kang NW. Terima kasih telah menginspirasi. Luar biasa. [ahf]

ABDUL HALIM FATHANI,

Pemerhati Pendidikan dan Pembelajar Matematika. Aktif sebagai Dosen Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang.


Abdul Halim Fathani

Pemerhati Pendidikan. Aktif di Komunitas Sahabat Pena Kita (SPK) dan Forum Literasi Matematika (forLIMA)

LEAVE A REPLY