JURNAL SEKOLAH

Oleh Abdul Halim Fathani

Fathani.com – DUNIA jurnal bisa dikembangkan di dunia pendidikan apa pun levelnya. Tidak hanya di tingkat perguruan tinggi, lembaga riset, organisasi profesi, dan sejenisnya. Tapi, pengelolaan penerbitan jurnal ilmiah juga bisa kita jumpai di tingkat sekolah atau madrasah. Memang, kebanyakan yang sudah eksis di tingkat sekolah adalah pengelolaan Buletin atau Majalah. Tapi, ada sekolah yang sudah mengembangkan penerbitan Jurnal Ilmiah. Salah satunya adalah MAN 1 Lamongan.

MAN 1 Lamongan mengelola Jurnal Ilmiah, yang diberinama “CENDEKIA, Jurnal Pendidikan dan Humaniora”. Dikutip dari Laman Jurnal (https://e-journal.man1lamongan.sch.id), diterangkan bahwa Jurnal Cendekia terbitan enam bulan sekali. Redaksi menerima tulisan dalam bidang pendidikan dan humaniora berupa artikel, makalah, hasil penelitian, atau resensi buku.

Tulisan yang dikirimkan merupakan gagasan orisinal atau belum dipublikasikan di media manapun. Panjang tulisan antara 15-25 halaman kertas A4, spasi 1,5 disertai abstrak dalam bahasa Inggris (untuk artikel berbahasa Indonesia; dan abstrak dalam bahasa Indonesia untuk artikel bahasa Inggris atau Arab).

Jurnal yang dikomandani Roudlon, S.Ag, M.Pd sebagai Pemimpin Redaksi ini telah berkontribusi nyata dalam dunia pengembangan ilmu pengetahuan melalui publikasi artikel ilmiah. Untuk memperluas penyebaran keilmuan, jurnal ini diterbitkan dalam versi cetak dan online. Dilihat dari rekam jejak tahun penerbitan, jurnal ini terbit sejak Tahun 2017. Setiap tahun terbit satu volume, dua nomor (Nomor 1 dan 2).

Kehadiran Jurnal Cendekia yang dikelola MAN 1 Lamongan, ini tentu dapat menambah semarak gairah akademik, khususnya bagi para guru di MAN 1 Lamongan. Karena, salah satu tuntutan guru dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan adalah “Publikasi Ilmiah”.

Semoga apa yang sudah dilakukan MAN 1 Lamongan dalam penerbitan Jurnal Cendekia ini, dapat eksis dan bertahan lama, sehingga artikel hasil penelitian yang telah dilakukan para guru atau akademisi lainnya dapat “dinimati” banyak pihak di luar sekolah.

Tantangannya, di antaranya: semoga dapat terbit jurnal-jurnal dengan bidang cakupan disiplin ilmu lainnya, seperti sains dan teknologi, agama, kebahasaan, dan seterusnya.

Tidak hanya itu, semoga Jurnal Cendekia ini benar-benar dapat menjadi “uswatun hasanah” bagi sekolah atau madrasah lainnya untuk segera mengikuti jejaknya. [ahf]


Abdul Halim Fathani

Pemerhati Pendidikan. Aktif di Komunitas Sahabat Pena Kita (SPK) dan Forum Literasi Matematika (forLIMA)

LEAVE A REPLY