“INIMENATA”, PRINSIP DRIVER

ABDUL HALIM FATHANI

Pemerhati Pendidikan dan Dosen Pendidikan Matematika

Universitas Islam Malang

MELANJUTKAN uraian perihal driver, Kasali (2014:41) memberikan rambu-rambu prinsip yang harus dimiliki seorang driver. Ada empat prinsip seorang driver, yakni inisiatif, melayani, navigasi, dan tanggungjawab. Keempat prinsip ini, -untuk memudahkan dalam mengingatnya- saya singkat ‘INIMENATA”.

Prinsip pertama, inisiatif, yakni bekerja tanpa ada yang menyuruh. Berani mengambil langkah berisiko, responsif, dan cepat membaca gejala.

Prinsip kedua, melayani, yakni orang yang berpikir tentang orang lain, mampu mendengar, mau memahami, peduli, dan berempati.

Prinsip ketiga, navigasi, yakni memiliki keterampilan membawa gerbong ke tujuan, tahu arah, mampu mengarahkan, memberi semangat, dan menyatukan tindakan. Memelihara “kendaraan” untuk mencapai tujuan.

Prinsip keempat, tanggung jawab, yakni tidak menyalahkan orang lain, tidak berbelit-belit atau menutupi kesalah diri sendiri.

Itulah prinsip seorang driver. Dengan demikian, kita sudah semestinya melakukan refleksi diri, sudahkah keempat prinsip tersebut terinternaliasi dalam diri kita? Jika belum maksimal, mari segera kita lakukan agar dapat terinternalisasi ke dalam diri kita. Jika sudah, mari kita jaga dan rawat agar terus bisa stabil dan dinamis. [ahf]

BAKAK UNISMA, 02 Oktober 2019


Abdul Halim Fathani

Pemerhati Pendidikan. Aktif di Komunitas Sahabat Pena Kita (SPK) dan Forum Literasi Matematika (forLIMA)

LEAVE A REPLY