“HIKMAH” KOPDAR IV SPK

fathani.comAlhamdulillahirobbilalamin, atas izin Allah swt buku yang berjudul “Inspirasi Literasi” ini dapat berhasil diterbitkan dan saat ini sedang berada di hadapan pembaca yang setia. Shalawat dan salam, mudah-mudahan tetap tercurahkan kepada Baginda Rasulullah Muhammad saw yang telah menunjukkan jalan kepada kita semua, “minadh-dhulumati ilan-nur”.

Buku ini ditulis oleh teman-teman anggota komunitas literasi “Sahabat Pena Kita (SPK)” yang berkaitan dengan kegiatan Kopdar keempat SPK, termasuk di dalamnya kegiatan “Seminar Literasi”, yang diselenggarakan di Kota Malang, tepatnya di Kampus Universitas Islam Malang, pada tanggal 25-26 Januari 2020.

Siapa penulis buku ini? Buku ‘antologi’ ini ditulis oleh anggota SPK yang memiliki kesempatan untuk hadir secara fisik dalam acara Kopdar tersebut dan beberapa juga ditulis oleh anggota SPK yang sedang berhalangan hadir secara fisik, yang juga sebenarnya memiliki keinginan yang kuat untuk dapat hadir mengikuti kegiatan semesteran tersebut. Namun, masih belum memungkinkan untuk hadir, karena ada suatu hal yang belum menungkinkan.

Secara umum penulisan dalam buku “Inspirasi Literasi” ini adalah tulisan yang mengisahkan “perjalanan sekaligus pengalaman” anggota SPKdalam mengiringi kegiatan Seminar Literasi dan Kopdar IV SPK. Para anggota SPK, tentu bersyukur, karena telah menjadi anggota komunitas literasi yang luar biasa, yang di dalamnya terdapat orang-orang yang sangat luar biasa dalam melahirkan karya. Produktif dan sangat menginspirasi.

Adapun poin-poin isi Buku “Inspirasi Literasi” ini berisi, paling tidak:

Pertama, Penulis sangat senang dan terkesan dengan acara Kopdar IV SPK yang dilaksanakan di Universitas Islam Malang, karena telah membuktikan semangat komitmen dan istiqomah dalam merawat anggotanya, dengan slah satu medianya adalah mengadakan kopdar secara rutin semesteran. Hal ini, di antaranya adalah untuk menjaga kestabilan motivasi dan dorongan dalam berliterasi, khususnya menulis

Kedua, Penulis sangat berkesan kepada ketiga narasumber seminar (Prof. Imam Suprayogo, Prof Junaidi, dan Prof. Muhammad Chirzin). Ketiga narasumber ini menjadi sudah terbukti mampu menjadi teladan yang baik, bagi siapa saja yang ingin belajar menulis. Ketiga narasumber tersebut dapat menunjukkan bahwa dengan menulis, maka kita akan mampu menjalankan hidup dengan berkualitas.

Ketiga, Penulis senang dan beruntung bisa ikut seminar literasi dengan 3 narasumber tersebut, karena penulis seperti merasakan kuliah tentang kepenulisan dalam satu semester. Penulis merasakan kebahagiannya berada dalam komunitas SPK, sebuah wadah yang tidak terlalu formal, tapi dapat belajar secara nyata dalam hal menulis. Benar-benar memiliki dampak manfaat kepada anggotanya.

Keempat, Penulis menceritakan lika-liku perjuangannya untuk menghadiri dan mengikuti Kopdar IV SPK. Penulis berhasil dan bersedia meluangkan waktu di tengah-tengah kesibukan dalam aktivitasnya, termasuk menyiapkan segala perbekalan, transportasi, hingga yang terkait dengan pendanannya.

Kelima, Penulis senang sekali, bisa hadir kopdar setiap 6 bulan sekali. Senang, karena mereka bertemu dengan sesama penulis, yang dalam setiap harinya pertemuannya melalui Grup WA. Dengan pertemuan ini tentu akan membangkitkan energi baru untuk semakin produktif, semakin istiqomah, semakin kreatif, dan sejenisnya. Intinya akan muncul komitimen untuk menjalani hidup yang bermakna “lebih”.

Tulisan dalam buku ini, selain untuk mengenang sekaligus mengikat apa yang di alami dan dirasakan oleh penulis juga dimaksudkan agar dapat menginspirasi orang lain untuk dapat mengembangkan dirinya khususnya di bidang kemampuan menulis.

Atas terbitnya buku ini, kami perlu menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga, di antaranya kepada: Pertama, Doktor Muhammad Arfan selaku Ketua Sahabat Pena Kita yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk mengkoordinir tulisan teman-teman yang terkait dengan kopdar IV SPK untuk di lakukan proses pengumpulan penyuntingan hingga penerbitan dengan nama penerbit: SAHABAT PENA KITA.

Kedua, kepada Profesor Imam suprayogo, yang telah mengantarkan buku ini dengan cara memberikan tulisan inspiratif berupa “kata pengantar” sehingga dapat memberikan nilai plus dari buku yang ada di hadapan pembaca ini. Pengantar yang benar-benar membangkitkan semangat untuk refleksi diri dalam memimpin diri sendiri.

Ketiga, kepada semua anggota SPK baik yang hadir maupun yang belum sempat hadir yang telah berkontribusi dalam penulisan buku ini, yang telah mengirimkan tulisannya yang sangat menginspirasi.

Keempat, kepada semua narasumber seminar literasi, semua panitia kopdar, dan pihak lain yang telah ikut serta mensukseskan kegiatan SPK semesteran ini. Dengan kesuksesan acara seminar literasi dan Kopdar IV SPK tersebut, akhirnya mendorong kami untuk “membukukan” segala pesan hikmah dalam buku antologi ini.

Harapan kami semoga buku yang ada di hadapan pembaca ini benar-benar dapat bermanfaat sekaligus bisa untuk menginspirasi orang lain dan minimal untuk diri sendiri. Semoga kita selalu istiqomah dalam membangun budaya literasi di negeri tercinta ini. Tentu, saran dan kritik konstruktif sangat diharapkan dalam penempurnaan buku ini. Mohon maaf satas segala khilaf.

Saya sampaikan selamat membaca, semoga anda semua terinspirasi. [ahf]

ABDUL HALIM FATHANI

Pemerhati Pendidikan dan Dosen Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang.

Tulisan ini merupakan Kata Pengantar Editor dalam Buku “Inspirasi Literasi”, yang diterbitkan Penerbit Sahabat Pena Kita, Juli 2020


Abdul Halim Fathani

Pemerhati Pendidikan. Aktif di Komunitas Sahabat Pena Kita (SPK) dan Forum Literasi Matematika (forLIMA)

LEAVE A REPLY