MENGOLAH INFORMASI

MENGOLAH INFORMASI

oleh Abdul Halim Fathani

Pemerhati Pendidikan. Penulis & Editor Buku. Pengajar pada Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Malang

Tidak sengaja, tiba-tiba saya mengambil buku di sebuah rak buku pada saat pulang ke kampung halaman. Di sebuah Desa yang ada di Kabupaten Lamongan. Buku itu berjudul “Kiat-kiat Kehidupan”. Buku ini, tentu sangat menarik. Bagi siapa saja. Terutama bagi orang yang sedang mencari solusi dalam kehidupannya, untuk bisa menjadi menjalani hidup lebih baik, lebih sukses, lebih bahagia, lebih berprestasi, lebih bersyukur, lebih produktif, dan seterusnya.

Salah satu isi buku, yang menarik untuk saya baca -saat itu- adalah tulisan pada halaman 215. Tentang Kiat mengolah informasi. Deddi  Nordiawan, penulis buku tersebut, menegaskan bahwa:

“Mengolah informasi itu penting sekali, karena informasi yang kita dapat harus benar-benar menjadi ilmu dan menjadi pengetahuan, bahkan menjadi karya”.

“Informasi tidak hanya sekadar hiburan belaka dan hanya untuk diketahui saja, tetapi harus menjadi ilmu yang bermanfaat, yang mengupgrade diri kita, dan yang menyelesaikan masalah-masalah kita.”

Dari dua statement tersebut, saya bersyukur. Karena menemukan satu hal penting terkait informasi. Apa itu? Ialah, bahwa informasi yang ada di sekitar kita, tidak boleh didiamkan. Kita, harus mampu melakukan pengolahan terhadap informasi yang ada. Pengolahan seperti apa? Informasi yang ada, harus kita olah, agar dapat memiliki nilai ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan yang bermanfaat. Dengan berubahnya informasi menjadi ilmu pengetahuan yang bermanfaat, maka konsekuensinya ilmu pengetahuan tersebut akan dapat mengantarkan pada terselesaikannya pelbagai jenis permasalahan yang ada dalam diri kita. Karena, terbuka telah berhasil menemukan solusi sebagai jalan keluarnya. [ahf]