MANUSIA PEMBELAJAR

Oleh Abdul Halim Fathani

Fathani.com. HARI Senin, bertepatan 11 Desember 2023, merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh para pendaftar Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id Tahun 2023. Hari-H tersebut berlangsung OSC Awards 2023, yang merupakan pengumuman pemenang OSC Medcom.id.

Acara ini digelar secara offline di Studio 3 Metro TV, Jakarta Barat dan disiarkan secara langsung melalui kanal youtube OSC Medcom.

Dalam sambutannya, Ketua Surya Edukasi Bangsa Foundation, Mohammad Mirdal Akib, mengucapkan selamat kepada pemenang Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id 2023. Sebanyak 322 peserta dinyatakan lolos dan mendapatkan beasiswa kuliah full hingga lulus.

Kata kunci yang ditekankan oleh Mirdal Akib adalah bahwa peserta OSC yang akhirnya menjadi pemenang ini, tentu melewati garis perjuangan yang tidak ringan.

Mirdal memahami perjuangan yang mesti dilewati peserta untuk mengikuti tes OSC Medcom.id tidaklah mudah. Di antara perjuangan para pemenang OSC adalah: Tes digelar secara online dengan kondisi sinyal di sejumlah wilayah sangat tidak bagus, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi peserta yang berada di wilayah yang sulit untuk mendapatkan sinyal internet.

Sehingga tidak mengherankan jika “ada peserta yang sampai naik kereta, ada yang baik bus hanya untuk dapat sinyal yang bagus dan ikut tes dan akhirnya mereka lolos,” demikian ungkap CEO Media Group itu.

Tidak hanya itu. Peserta (baca: pemenang) termasuk orangtua (keluarga)nya juga turut serta berjuang. Mulai dari aspek pendanaan agar anaknya dapat mengikuti ujian tahap II secara offline di kampus yang dituju, hingga hadir secara offline di acara OSC Awards 2023.

Dan, yang tidak kalah pentingnya adalah perjuangan untuk menyisihkan ribuan peserta yang menjadi saingan sesama pendaftar OSC 2023. Dan, tentu masih ada perjuangan-perjuangan personal yang dialami peserta. Sungguh… luar biasa.

Atas pelbagai perjuangan itulah, maka dalam sambutannya, Mirdal berharap perjuangan itu akan melekat dan menjadikan peserta menjadi manusia pembelajar. “Semoga apa yang sudah diperjuangkan untuk mendapatkan beasiswa ini akan terus menjadikan kita manusia pembelajar. Adik-adik menjadi manusia pembelajar, sehingga bisa mewujudkan cita-cita founding father kita.

Manusia pembelajar tentu melekat pada seorang individu yang akan terus belajar: bisa mengambil hikmah dari apa yang dialami. Sosok individu yang terus bersyukur, bersyukur dengan terus belajar. [ahf]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *