TIGA PESAN

Oleh Abdul Halim Fathani

Fathani.com. – HARI ini, Sabtu, bertepatan tanggal 25 Nopember 2023 merupakan hari yang ‘penting’ bagi dunia pendidikan, khususnya bagi para guru. Sebagaimana kita ketahui, bahwa, di negeri tercinta Indonesia, Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November. Peringatan hari guru ini sebagai salah satu bentuk penghormatan terhadap guru yang telah berjuang dalam membentuk karakter generasi muda.

Tema peringatan HGN tahun 2023 adalah “Bergerak Bersama, Rayakan Merdeka Belajar”. Masyarakat dapat menyaksikan siaran langsung puncak peringatan Hari Guru Nasional 2023 di kanal YouTube KEMENDIKBUD RI dan Indonesiana TV pada Sabtu, 25 November 2023, pukul 15.00 WIB s.d. selesai.
Dalam kesempatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023 ini, terdapat tiga pesan kunci yang disampaikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).
Apa saja tiga pesan kunci tersebut?

Pertama, HGN menjadi sarana dalam mengapresiasi, semangat belajar, berbagi, dan berkolaborasi antar sesama guru. Kemendikbudristek memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para guru semangat belajar, berbagi, dan berkolaborasi dalam memberikan pembelajaran berkualitas bagi peserta didik.

Kedua, berkaitan dengan capaian dan dampak positif. Peringatan HGN menjadi sarana untuk saling bercerita tentang capaian dan dampak Merdeka Belajar bagi guru maupun bagi peserta didik, khususnya dalam mengusung pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan.

Ketiga, terkait dengan keberlanjutan. Pada kesempatan ini, Kemendikbudristek mengimbau seluruh ekosistem pendidikan untuk terus bergotong royong dan saling menguatkan. Dengan demikian, belajar dan berbagi akan menjadi gerakan pendidikan bagi para guru.

Jadi, sudah sangat jelas, bahwa kunci penting yang dipesankan oleh Kemendikbudristek adalah: Apresiasi, Capaian (dampak positif), dan Keberlanjutan. Dengan kata lain, melalui momentum HGN 2023 ini, kita semua penting untuk memberikan apresiasi “masa lalu”, mensyukuri capaian yang telah berhasil dengan semangat berbagi ‘pengalaman’ kebaikan “masa kini”, dan semangat untuk melanjutkan dengan penuh inovasi dan invensi “masa mendatang”.

Alhasil, marilah wahai para guru untuk semangat menghargai, semangat berbagi, dan semangat terus belajar. Semoga, kita semua dapat memberikan “ruang” bagi para guru secara adil.

Selamat Hari Guru Nasional 2023. [ahf]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *