27 PROFESOR BARU

Fathani.com. – Kampus , Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya telah menorehkan sejarah baru. Ialah menyelenggarakan kegiatan pengukuhan guru besar baru. Tidak tanggung-tanggung. Jumlahnya bukan satu, dua, lima, atau tujuh. Tetapi “dua puluh tujuh”. Sungguh luar biasa. Pengukuhan ini dilakukan pada Kamis, 2 Nopember 2023, berlangung di Graha Sepuluh Nopember ITS.

Bertambahnya jumlah profesor baru di ITS – termasuk juga di kampus-kampus lain, tentunya akan menambah “energi baru” bagi gairah akademik dan pengembangan keilmuan yang tentu diharapkan memiliki kontribusi riil dalam membawa kemanfaatan dan kemasalatan bagi masyarakat.

Lahirnya 27 profesor baru ini menjadi bukti nyata bahwa ITS telah menunjukkan komitmennya dalam hal meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki melalui pengembangan inovasi, riset, dan publikasinya.

Dalam sambutannya, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng mengungkapkan kebanggaannya kepada para profesor yang telah dikukuhkan. Peningkatan jumlah profesor yang spektakuler ini sangat memengaruhi peningkatan kualitas ITS secara keseluruhan.

Ashari menyampaikan bahwa saat ini ITS telah memiliki 167 profesor yang masih aktif dengan berbagai bidang ilmunya. Jumlah ini terbilang sedikit jika dibandingkan dengan perguruan tinggi negeri (PTN) besar lainnya, namun ITS berhasil mengambil peran dengan 15 ribu jumlah publikasi internasional yang bereputasi.

“Artinya, ITS masih dapat bersaing dan bersanding dengan posisi ke-4 publikasi terbanyak se-Indonesia,” tandasnya optimistis.

Akhirnya, kami sampaikan selamat kepada profesor baru. Selamat kepada ITS. Kami tunggu lahirnya professor-profesor baru berikutnya. [ahf]