MAHASISWA BARU

Oleh Abdul Halim Fathani

fathani.com. – Mahasiswa baru yang “baru” saja diterima di perguruan tinggi perlu melakukan adaptasi diri. Perubahan status dari “siswa” menjadi “mahasiswa”; perubahan pola belajar yang awalnya cenderung “didampingi” menjadi pola belajar yang “mandiri-kreatif”; perubahan mindset; dan sejenisnya. Secara umum, mahasiswa baru harus memiliki perubahan paradigma: dari kebiasaan lama saat menjadi siswa agar mampu melakukan adaptasi dengan dunia perkuliahan di perguruan tinggi.

Untuk membekali para mahasiswa baru tersebut, di setiap perguruan tinggi menyelenggarakan satu kegiatan yang memiliki tujuan untuk memberikan “bekal” adaptasi kepada mahasiswa baru. Kegiatan ini bernama Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru atau yang disingkat PKKMB. Secara umum desain kegiatan ini diatur melalui Pedoman PKKMB yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nomor 0489/E.E2/DT.01.01/2023.

Dalam pedoman tersebut, dipaparkan bahwa PKKMB menjadi ajang penyadaran akan pentingnya pemahaman tentang globalisasi dan revolusi industri 4.0 dan society 5.0 yang menuntut mahasiswa
untuk menjadi orang-orang yang menghayati dan memiliki literasi data, literasi teknologi, dan literasi kemanusiaan serta kesiapan untuk penguasaan kompetensi yang diperlukan di abad 21.

Kompetensi-kompetensi itu antara lain kemampuan berpikir nalar kreatif dan kritis, problem solving, terampil berkomunikasi, berkolaborasi, memahami bidang kerja dan pengembangan kariernya serta pentingnya belajar sepanjang hayat.

Alhasil, penyelenggaraan PKKMB ini diharapkan memiliki manfaat untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sistem pendidikan di perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0

Selamat menjadi mahasiswa baru! [ahf]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *