JALAN KEBAIKAN

Oleh Abdul Halim Fathani

Fathani.com. – UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya kembali sukses menggelar Sidang Terbuka Senat Akademik. Sidang ini digelar dalam rangka Wisuda ke-104 Tahun 2023. Acara wisuda yang dilaksanakan di Gedung KH.Syaifuddin Zuhri. dibagi dalam tiga sesi ini, dilaksanakan pada Jumat-Ahad, 18-20 Agustus 2023.

Pada kesempatan Wisuda Hari pertama, hari Jum’at, bertepatan 18 Agustus 2023, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ditjen Pendidikan Islam Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag. dalam sambutannya, Direktur Diktis berharap, para wisudawan dapat meneruskan tombak estafet kesuksesan dengan berbekal ilmu dan akhlak.

Apa yang dipesankan Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag.?

“Jika kamu telah menemukan jalan kebaikan, maka berlarilah kalian. Jika kalian tidak bisa berlari, berjalanlah. Tapi bahkan jika kalian tidak bisa berjalan, tidak apa-apa berjalan santai-santai saja. Tetapi jika tidak bisa berjalan santai, merangkaklah kalian, asalkan jangan meninggalkan jalan kebaikan yang telah kalian temukan,” demikian pesan Prof. Inung-panggilan akrab Direktur Diktis.

Mahasiswa yang sukses studi S1 berarti mahasiswa tersebut telah menemukan jalan kebaikan. Setelah itu, lanjut menempun jalan kebaikan dengan studi lanjut S2, selanjutnya S3. Demikian juga, masih banyak jalan kebaikan jalan kebaikan yang lain.

Salah satu faktor penting yang menjadi motor penggerak bagi setiap individu dalam menjalani kebaikan adalah keinginan untuk berprestasi, keinginan untuk menjadi terbaik, keinginan untuk menjadi pertama. Untuk dapat memenuhi keinginan tersebut, kata kunci yang harus dipegang adalah pentingnya belajar. Belajar dan terus belajar untuk menemukan dan menuju jalan kebaikan.

Dengan demikian, jika seseorang memiliki kebutuhan sukses yang tinggi (puncak kebaikan), maka ia akan bekerja keras dan tekun dalam belajar. Seseorang akan terus dan terus melakukan ikhtiar melakukan sesuatu perbuatan agar dapat sampai menuju jalan kebaikan. Semoga kita semua dimudahkan untuk menemukan jalan kebaikan. [ahf]