Webinar “Me(Resensi) Buku”

TERUS bergiat mengembangkan dunia literasi. Tidak hanya untuk warga internal, tetapi membuka diri bagi warga luar, siapa pun saja yang berminat. Komitmen inilah yang dilakukan oleh Pimpinan Perpustakaan Pusat Universitas Islam Malang. Tidak hanya Kepala Perpustakaan, tetapi juga para pegawainya. Semuanya turut serta membantu, siap dan sigap untuk menyukseskan berbagai program yang dicanangkan.

Salah satunya, pada Hari Rabu, 18 Mei 2022, dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional yang jatuh bertepatan jatuh pada tanggal 17 Mei, Perpustakaan Universitas Islam Malang menggelar acara menarik. Ialah kegiatan Webinar Literas, dengan Tema “Tips dan Trik Menulis Resensi”. Dalam kesempatan itu, saya diberi amanah untuk menjadi pemateri. Saya sampaikan Terima kasih kepada Bu Dra. Lilik Ernawati, M.Si yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk sharing pengalaman. Terima kasih juga saya sampaikan kepada Mbak Leni Hardiani, pegawai Perpustakaan, yang telah melakukan koordinasi dan mempersiapkan segala hal demi suksesnya acara tersebut–tentu bersama tim yang lain.

Alhamdulillah kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan sukses. Dari sisi teknis, tidak ada kendala. Semuanya berjalan dengan baik. Ungkapan syukur saya bertambah, karena ternyata Webinar yang digelar secara daring tersebut dihadiri para peserta yang sangat beragam. Ada peserta dari unsur mahasiswa, dosen, guru, pegawai. Dari asal instansi, ternyata banyak juga yang berasal dari luar Unversitas Islam Malang.

Di antara afiliasi peserta yang dari luar tersebut, berasal dari Universitas Malikussaleh, FIB school of talents, SDN 003 Kundur Utara, SMAIT Al Uswah Bangil Pasuruan, UIN Sunan Ampel Surabaya, Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Dispersip Kab Banjar Kalsel, Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pasuruan, Institut Asia Malang, Universitas Muhammadiyah Kendari, Universitas Islam Raden Rahmat, Universitas Brawijaya. Yang menggembirakan lagi, ternyata ada peserya dari Perpustakaan Pusat Nasional. Syukur Alhamdulillah, saya bisa berkesempatan untuk berbagi pengalaman dengan para mereka, yang nota bene merupakan pegiat dunia literasi, aktivis perpustakaan.

Dalam kesempatan itu, saya menyampaikan materi perilah meresensi buku secara umum. Mulai dari pengertian, unsur-unsur yang harus ada dalam resensi buku, yang langsung saya beri contoh konkret dari resensi buku yang pernah saya tulis. Di akhir paparan, saya memberikan penekanan pentingnya komitmen bersama untuk “follow up” pasca kegiatan webinar yang “hanya” berlangsung singkat, mulai Pukul 09.30 – 11.30 Wib ini.

Apa saja yang saya tekankan?

Saya menekankan dan menegaskan bahwa:

Pertama, pentingnya membangun sebuah komunitas dengan menggunakan Grup WhatsApp, yang menghimpun aktivis yang memiliki kegemaran atau hobi dalam meresensi buku.

Kedua, pentingnya komitmen untuk memiliki mental “berburu buku”. Berburu buku ini bisa dilakukan melalui Perpustakaan, Toko Buku, Teman, Website, Penerbit,Katalog Buku, atau yang lain.

Ketiga, pentingnya memiliki tradisi membaca resensi buku yang telah ditulis orang laind an berhasil dipublikasikan di media massa, baik cetak maupun online.

Keempat, pentingnya memiliki kebiasaan untuk selalu diskusi buku atau bedah karya di komunitas kecil maupun dalam skala yang lebih luas.

Kelima, Pentingnya berkomitmen untuk “berani” mempublikasikan Resensi yang sudah dicoba untuk ditulis, baik publikasi di Blog, Website, Media Cetak/Online, Majalah, atau yang lain.

Itulah pengalaman saya dalam sesi sharing pengalaman tentang Meresensi Buku dalam kegiatan yang diselenggarakan Perpustakaan Pusat Universitas Islam Malang, secara daring, pada tanggal 18 Mei 2022. Semoga membawa keberkahan dan berdampak manfaat. Amin.