KUSAERI DAN JPM

ABDUL HALIM FATHANI

Hari ini, Kamis, 13 Februari 2020, saya berkunjung ke Surabaya, tepatnya ke Kampus UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA). Saya berangkat bersama-sama dengan ‘teman’ dosen di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Malang (Unisma). Ada Pak Dekan FKIP (Dr. Hasan Busri, M.Pd), Wakil Dekan 1 (Dr. Sri Wahyuni, M.Pd), Wakil Dekan 2 (Dr. Sunismi, M.Pd), Ketua Prodi PPG (Drs. Zainal Abidin, M.Pd., Ph.D), dan Sekretaris Yayasan Unisma (Dr. H. Mustangin,, M.Pd). Agendanya tunggal, yakni menghadiri dan menyaksikan pengukuhan professor/guru besar seorang ‘teman’, yang dinas di Prodi Matematika UINSA, Bapak Dr. Kusaeri, M.Pd.

Apa yang menarik? Pada 11 Februari 2020, Jam 07.51, ada pesan masuk melalui WhatsApp saya. Pesan tersebut dikirim oleh Pak Mustangin, Dosen Prodi Matematika Unisma. Apa isi pesannya? Pesannya berupa gambar, gambar undangan pengukuhan guru besar atas nama Dr. Kusaeri, M.Pd. Dalam undangan tersebut, dengan jelas, tertulis “Kepada: Abdul Halim Fathani, S.Si., M.Pd, Editor in Chief Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Malang”.

Saya terkejut-kaget. Kagetnya bukan karena, Pak Kusaeri sudah berhasil mencapai gelar guru besarnya. Namun, kaget, karena undangan tersebut ditujukan kepada saya. Saya belum lama kenal dengan Pak Kusaeri. Pada tahun 2018, Pak Kusaeri pernah diundang Himaprodi Pendidikan Matematika Unisma dalam satu acara ‘Studium Generale” di hadapan mahasiswa. Saat itulah, saya bertemu dengan Pak Kusaeri secara langsung, di Hall Oesman Mansour, Gedung Al-Hanafi, Lt. 3.

Setelah pertemuan tersebut, di hari-hari berikutnya, saya mengirim pesan via WhatsApp, untuk tanya alamat beliau. Untuk apa? Saya bermaksud ingin mengirim buku karya saya, kepada beliau. Tujuannya, agar saya mendapatkan masukan atas buku saya yang sudah terbit tersebut. Dan, Alhamdulillah, Pak Kusaeri memberikan perhatian atas kiriman buku saya tersebut.

Selanjutnya, sebagai orang yang mendapatkan amanah untuk mengelola jurnal JPM di Unisma, saya mengirim pesan lagi kepada Pak Kusaeri, agar berkenan menjadi salah satu Reviewer di Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) Unisma. Dan, Alhamdulillah beliau merespon positif.  Dan, akhirnya, Alhamdulillah, saat ini, Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) Unisma, sudah berhasil  memperoleh akreditasi SINTA 4 dari Dirjen Risbang Kemristekdikti.

Saya dan Pak Kusaeri, belum lama kenal. Perkenalan saya, melalui wasilah buku dan jurnal, khususnya Jurnal Pendidikan Matematika (JPM). Beliau beberapa kali submit artikel ke JPM. Dan, hingga saat ini Pak Kusaeri, tercatat sebagai salah satu reviewer JPM. Terima kasih pak.

Akhirnya, kami atas nama redaksi JPM Unisma, mengucapkan selamat. Selamat atas raihan gelar profesor di bidang Evaluasi Pembelajaran Matematika di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UINSA. Semoga senantiasa Allah memberikan kemudahan, kelancaran, dan kekuatan dalam mengemban amanat guru besar tersebut. Sekali lagi Selamat. Dulu Dr. Kusaeri, M.Pd, sekarang Prof. Dr. Kusaeri, M.Pd… Terima kasih sudah berkenan ‘mengundang’ saya. Mohon doanya Prof, semoga saya segera menyusul. Semoga. [ahf]/UINSA.