WORKSHOP PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU

Mahasiswa Universitas Islam Malang (Unisma) yang tergabung dalam organisasi Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Pendidikan Matematika, khususnya mahasiswa angkatan 2017, menggelar kegiatan berbasis pengabdian masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan dalam kurun waktu 2 minggu, mulai 25 Januari – 9 Februari 2020 tersebut biasa dikenal dengan nama Studi Pengabdian dan Pembelajaran Masyarakat (SPPM). Kegiatan yang diikuti kurang lebih 100 mahasiswa tersebut, dipusatkan di Desa Wangkal, Probolinggo.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, diselenggarakan Workshop yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi para guru di daerah Wangkal, Probolinggo, dan sekitarnya. Workshop yang digelar tanggal 2 Februari 2020 kali ini bertajuk “Pengembangan Kompetensi Guru Bidang Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif”. Workshop ini menghadirkan 2 narasumber dari Dosen Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang, Bapak Abdul Halim Fathani, S.Si., M.Pd dan Isbadar Nursit, S.Pd., M.Pd.

Peserta workshop, yang berjumlah 90 orang tersebut, sangat antusias mengikuti kegiatan workshop hingga tuntas. Di akhir acara, peserta yang aktif mendapatkan doorprize dari pemateri, berupa buku berjudul “Pendidikan Karakter”, yang merupakan karya editorial Abdul Halim Fathani.

Kegiatan ini berlangsung sukses hingga sore hari, pukul 16.00. “Alhamdulillah, saya selaku panitia senang sekali, karena kegiatan workshop kali ini sangat diminati para guru. Mereka senang bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan baru untuk pengembangan diri”, jelas Aditya, selaku Ketua SPPM 2020.

Di penghujung acara, pemateri berpesan kepada para guru peserta Workshop, “agar terus belajar dan belajar. Karena guru yang berhenti belajar, maka harus berhenti pula mengajarnya”, demikian pesan Abdul Halim Fathani. [ahf]

Pemateri (tengah) Foto bersama Panitia SPPM 2020